PHDI SIDOARJO

Sunday 16 December 2012

ACARA SIMAKRAMA UMAT HINDU SIDOARJO

Masa kepemimpinan Pak Anom Mediana sebagai Ketua Harian PHDI Kab. Sidoarjo sudah berjalan kurang lebih 3 tahun. Sudah sangat banyak program pembinaan keumatan yang dilaksanakan. Secara umum suara masyarakat bawah tentang kepemimpinan Pak Anom ini mendapat nilai sangat positif. Disisi lain Pak Anom merasa perlu untuk mengadakan acara SIMAKRAMA bersama umat Hindu se Sidoarjo untuk melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan dan program kerja yang akan segera dilaksanakan.. Maka pada hari Minggu 16 Desember 2012 diadakan acara SIMAKRAMA bertempat di Wantilan Baruna Sabha Mandala Pura Jala Siddi Amertha di Juanda Sidoarjo. yang dihadiri kurang lebih 400 orang umat Hindu Sidoarjo
Acara ini terasa sangat istimewa karena dirangkaikan dengan kegiatan Pemelaspasan Pura Beji dan dilanjutkan dengan Lomba Balaganjur yang diikuti oleh 6 group peserta. Selengkapnya hasil Loma Balagnajur sbb :
  1. Juara 1 : Group Balaganjur Santhi Swara, Pura Jala Siddhi Amertha Sidoarjo
  2. Juara 2 : Group Balaganjur dari Mahasiswa ITS Surabaya
  3. Juata 3 : Group Balaganjur dari Tengger Pasuruan
  4. Juara 4 : Gorup Balaganjur Baruna Sakti Senior Pura Agung Segara Surabaya
  5. Juara 5 : Group Balaganjur Dharma Githa, Pura Margowening Sidoarjo
  6. Juara 6 : Group Balaganjur Baruna Sakti Junior Pura Agung Segara Surabaya
Dalam lomba ini ada berapa hal yang menjadi catatan dewan juri yaitu  :
Pertama, Mahasiswa ITS yang demikian sibuk dengan kegiatan kuliahnya, namun masih sempat ikut serta dalam lomba  Balaganjur, ini patut kita apresiasi dalam rangka ikut melestarikan budaya leluhur kita.
Kedua, yang sangat mengagetkan kita bahwa Group Balaganjur dari Tengger yang nota bena Balaganjur ini bukan budaya Jawa, namnu dapat tampil demikian cantik dan rapi, ini perlu menjadi motivasi untuk kita lebih meningkatkan diri dalam hal Balaganjur ini.
Ketiga, Group Balaganjur Yunior dari Kenjeran cukup memukau, walaupun usia rata-rata baru 9 tahunan, namun sudah berani tampil dalam sebuah lomba, ini perlu mendapat apresiasi
Keempat, ke depan usia peserta dalam lomba perlu dibatasi usia peserta sehingga akan menimbulkan gairah untuk regenerasi, sehingga kawula muda akan bisa lebih banyak tampil. Sukses buat PHDI Sidoarjo, selamat kepada para pemenang lpmba. Semoga kedepan acara sejenis akan lebih baik. Astungkara.

No comments:

Post a Comment