PHDI SIDOARJO

Thursday 14 January 2010

Persembahyangan Bersama dan DharmaTula Siwaratri di Pura JSA


Pelaksanaan prosesi persembahyangan Siwaratri tadi malam tgl. 14 Januari 2010 di Pura Jala Siddhi Amertha diawali dengan Persembahyangan Bersama mulai jam 19.30 wib Pemangku menghaturkan Puja Astawa, kemudian diisi Dharma Wacana oleh Pak Nyoman Partha dengan judul : Filosofi Siwaratri. Secara garis besar Partha menyampaikan bahwa alam ini terdiri dari 2 unsur yaitu : Purusa dan Prakerti. Purusa adalah unsur kejiwaan yang tidak nampak yang bersumber dari Hyang Widhi Wasa. Sedangkan Prakerti adalah unsur kebendaan. Kedua unsur inilah yang sangat mempengaruhi sifat manusia. Purusa akan mempengaruhi manusia untuk cendrung bersifat Suri Sampad (Kedewataan) sedangkan Prakerti cendrung akan mempengaruhi sifat manusia untuk bersifat Asuri Sampad (Keraksasaan). Sembahyang Siwaratri ini diyakini akan mampu menetralisir sifat manusia yang cendrung besifat negatif atau Asuri Sampad menjadi Suri Sampad.

Setelah persembahyangan bersama, umat diajak untuk ikut dalam Dharma Tula.yang dimulai kurang lebih jam 22.00 wib dengan menampilkan pemakalah I Gusti Ketut Budiartha dengan judul ”Peranan Generasi Muda dalam mengembangkan Hindu”. Disini sangat jelas nampak bahwa Pak Gusti sangat antosias memberi arahan kepada para remaja dan Generasi Muda Hindu agar terus menerus meningkatkan Sradha dan Bhakti kepada Hindu, sehingga mampu mempertahankan Agama nya kelak saat generasi muda ini akan berumah tangga.

Selesai Pak Gusti menyampaikan makalahnya, dilanjutkan dengan tanya jawab. Dimana dalam tanya jawab ini ada beberapa orang nara sumber yang mampu menjawab segala permasalahan yang disampaikan oleh generasi muda Hindu Sidoarjo, yaitu : Drs. Dewa Putu Adnyana, Dewa Made Pastika, SH,MM, Letkol I Ketut Sumerta dan Mangku I Gde Sumerta. Para Generasi Muda sangat anosias dalam menyampaikan pertanyaan, sehingga Dharma Tula ini terasa hidup. Tepat jam 00.00 Wib dilakukan persembahyang Tengah Malam dan ditambahkan dengan berjapa dengan mengucapkan mantram ”Om Nama Siwaya” sebanyak 108 kali. Acara ini sampai akhir dihadiri kurang lebih 150 orang.(Mr. Pink).

No comments:

Post a Comment