PHDI SIDOARJO

Tuesday 12 January 2010

Siwaratri Dalam Pengertian Kekinian

Ada seorang siswa bertanya kepada Gurunya :

Siswa : Kapan kita harus melaksanakan atau merayakan Hari Siwaratri ?
Guru : Pada panglong ping 14 sasih kepitu (Maghamasa)
Siswa : Mengapa kita harus melaksanakan Berata Siwaratri ?
Guru : Sebagai umat yang beragama Hindu, kita meyakini isi dari pada Weda. Anjuran untuk laksanakan Berata Siwaratri ini termuat dalam Weda Smerti yaitu : Garuda Purana atau Padma Purana, termasuk juga cerita Lubdhaka yang ditulis oleh orang suci jaman dulu yaitu Empu Tanakung.
Siswa : apa saja yang dilaksanakan dalam Berata Siwaratri itu ?
Guru : Ada 3 Berata (Tri Berata) yang mestinya kita laksanakan yaitu : Jagra (tidak tidur semalam suntuk sambil melaksanakan perenungan diri), Upawasa (pengendalian hawa nafsu khususnya terhadap makanan dan minuman) dan Mona Berata (pengendalian hawa nafsu khususnya terhadap pembicaraan)
Siswa : Secara logika kekinian, kenapa kita harus JAGRA ?
Guru : Yang dimaksud JAGRA disini, bukanlah begadang sembarang begadang, namun begadang diserai dengan perenungan, mawas diri, introspeksi diri, maka biasanya orang mengadakan Dharma Tula.
Siswa : Secara logika kekinian, kenapa kita harus Upawasa ?
Guru : Upawasa tidak lain adalah salah satu bentuk mengendalian diri tanpa harus makan dan minum selama 24 jam. Jika kita mampu melaksanakan Upawasa diyakini Karma Wasana baik yang akan kita peroleh.
Siswa : Kenapa juga kita harus melaksanakan Mona Berata ?
Guru : Mona Berata juga adalah salah satu bentuk pengendalian diri yaitu janganlah kita mengeluarkan kata-kata yang tidak baik selama 24 jam.
Siswa : Rasanya sangat berat kami melaksanakan Tri Berata Siwaratri karena kami ini baru belajar dalam pelaksanaan Tri Berata.
Guru : Tidak ada masalah, laksanakanlah secara bertahap. Sebagai pemula bisa kita laksanakan hanya JAGRA saja. Lama lama bisa memingkat ditambah dengan Upawasa. Kemudian setelah terbiasa baru kita tambahkan dengan Mona Berata.
Siswa : Terima kasih Guru atas pencerahannya. (Mr. Pink)

No comments:

Post a Comment